Tips Anti Kebas Kesemutan Dan Penyebabnya

Kesemutan merupakan sebuah gangguan kesehatan dimana kondisi ini disebut sebagai paresthesia. Di mana gejala tersebut merupakan gejala abnormal yang dirasakan seseorang di beberapa bagian tubuh dan paling umum terjadi pada tangan, kaki, jari hingga lengan. Untuk itu, Anda yang sering mengalami kesemutan harus mengetahui tips anti kebas kesemutan dan tahu juga penyebab dari kesemutan ini.

Apalagi bagi yang mengalami kesemutan ini adalah para orang tua atau lansia, sebagai MyTrueHero dalam keluarga pastinya jangan sampai mengalami sakit yang berbahaya seperti kesemutan ini.

Penyebab Kesemutan

Berikut ini beberapa penyebab kesemutan yang umumnya terjadi.

  • Saraf terjepit, keluhan kesemutan bisa saja terjadi akibat duduk yang terlalu lama atau kesalahan posisi tidur. Namun saat tekanan dilepaskan, maka biasanya kesemutan akan membaik sendiri. Jadi sebenarnya kesemutan yang terjadi karena hal ini tidak terlalu membahayakan.
  • Konsumsi alkohol, mengkonsumsi alkohol terlalu sering juga akan mengakibatkan Anda bisa mengalami kesemutan. Maka untuk menjaga saraf sehat agar tidak kesemutan adalah dengan membatasi konsumsi alkohol bahkan bisa menghilangkan alkohol di tubuh.
  • Kurang nutrisi, kekurangan vitamin B1, B6 dan B12 serta asam folat juga bisa mengakibatkan Anda mengalami yang namanya kesemutan. Karena ketika salah satu zat yang disebutkan tadi tidak terpenuhi, maka secara otomatis kondisi tubuh tidak akan bisa berkembang dengan baik dan bisa memicu kerusakan.
  • Neuropati, neuropati merupakan gejala dimana terjadi kerusakan saraf yang diakibatkan oleh berbagai kondisi salah satunya diabetes hingga perawatan kemoterapi. Salah satu ciri khas neuropati yang bisa Anda temukan dengan mudah adalah kesemutan atau kebas. Untuk mengetahui apakah ciri kesemutan merupakan potensi adanya neuropati di tubuh, seseorang maka perlu penanganan lebih lanjut.

Tips Atasi Kebas Kesemutan

Untuk kebas dan kesemutan Anda bisa mencoba beberapa tips berikut sebagai antisipasi.

  • Istirahat Cukup

Pertama, yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memilih istirahat yang cukup. Dengan istirahat cukup maka bisa membantu penyembuhan saraf dengan proses perbaikan secara alami. Karena salah satu cara penyembuhan untuk kaki dan tangan yang mengalami kebas kesemutan adalah dengan mengistirahatkan tubuh sejenak untuk meredakan gejalanya.

Disarankan untuk yang sering mengalami kesemutan maka bisa menambah jam tidur.

  • Kompres

Anda juga bisa mencoba untuk melakukan kompres bagian tubuh yang terasa kebas. Karena salah satu penyebab kesemutan bisa terjadi akibat peradangan. Dengan cara mengompres menggunakan air dingin atau air hangat maka kesemutan bisa teratasi, paling tidak, bisa mengurangi nyeri yang dihadirkan.

  • Terapi Fisik

Terapi fisik ternyata juga cukup disarankan untuk yang mengalami gejala kesemutan. Terapi ini dipercaya bisa menambah kekuatan otot di sekeliling otot saraf yang rusak. Karena ketika otot sudah cukup kuat, tekanan pada saraf bisa berkurang sehingga gejala kesemutan bisa reda.

Cara ini bahkan bisa membuat kesemutan atau kebas jarang muncul kembali. Tentu saja membuat anda bisa beraktivitas secara maksimal karena tidak terjadi kesemutan yang menyebabkan gangguan pada berbagai kegiatan sehari-hari.

Jadi tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebas kesemutan. Salah satu potensi kesemutan yang berbahaya adalah jika merupakan kesemutan yang menjadi gejala neuropati. Biasanya gejala ini diikuti dengan sensasi kesemutan seperti ditusuk atau terbakar dan sensitivitas tubuh terhadap sentuhan semakin meningkat.

Untuk ketahui apakah mengalami neuropati atau tidak, maka tips ngerti yang perlu dilakukan adalah diagnosa lebih lanjut dengan berbagai tes yang harus dilakukan. Apalagi jika gejala kesemutan terjadi terus-menerus.