Ingin Pencernaan Anak Lancar? Intip Cara Ini

Sembelit atau susah buang air besar adalah masalah yang sangat umum terjadi pada anak-anak. Anak dikatakan mengalami sembelit jika ia buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu, berusaha keras untuk mengeluarkan tinja, atau kotorannya tampak keras, kering dan kecil-kecil [1].

Hal ini dapat mengganggu aktivitas anak. Menurut John Hopkins Medicine, “Buang air besar keras pada anak terjadi karena kontraksi usus yang terlalu lemah dan lambat sehingga usus menyerap terlalu banyak air.” [4]

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan anak sembelit, yaitu: [2]

Menahan buang air besar

Malas atau takut ke toilet sendirian atau tinja yang keras juga bisa menjadi penyebab anak menahan buang air besar.

Perubahan pola makan

Kurangnya buah dan sayuran kaya serat atau cairan yang dikonsumsi anak bisa menyebabkan sembelit. Salah satu penyebab sembelit adalah ketika anak beralih dari mengonsumsi semua cairan ke makanan padat atau MPASI.

Perubahan rutinitas

Siapa bilang anak tidak bisa merasakan stres? Cuaca panas atau mulai bersekolah juga bisa mempengaruhi fungsi usus.

Alergi susu sapi

Ternyata ada beberapa anak yang mengalami alergi terhadap susu sapi atau kebanyakan mengkonsumsi produk susu, seperti keju dan susu sapi dan bisa menyebabkan sembelit juga.

Untuk mengobati sembelit atau susah buang air besar pada anak tidak selalu menggunakan obat. Kamu bisa mencoba beberapa cara berikut ini dirumah agar pencernaan anak tetap lancar:

1. Konsumsi makanan mengandung serat

Dengan cukup mengonsumsi serat akan membuat tinja anak lebih lunak dan menjadi lebih mudah dikeluarkan. Kamu bisa memilih makanan kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur [1].

 

2. Ingatkan minum air putih

Sudah tidak usah diragukan lagi bahwa air juga memiliki peran penting untuk memastikan pencernaan dan aliran makanan melalui saluran usus. Dengan memberikan anak cukup minum air putih, tekstur tinjanya akan menjadi lebih lunak, sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah [1].

Kamu bisa memilih VIT sebagai sumber air minum yang baik untuk dikonsumsi anak karena VIT sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, VIT juga selalu memastikan air yang kamu minum sesuai dengan standar kualitas yang ditetapkan, lho! [3].

 

3. Ayo berolahraga!

Berdiam diri dirumah dan sibuk dengan gadget akan membuat anak akan malas untuk bergerak apalagi berolahraga. Ubahlah memberikan kebiasaan buruk tersebut dan mulai mengajak anak untuk lebih aktif bergerak. Kamu bisa mengajaknya bersepeda, berenang, atau sekedar jalan-jalan di taman selama 30-60 menit tiap hari. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga pergerakan usus dan melancarkan proses pencernaan [1].

 

4. Membiasakan anak ke toilet

Toilet training atau membiasakan anak untuk pergi ke toilet ternyata memiliki manfaat yang bagus untuk kelancaran pencernaan anak. Anak cenderung lebih sering menahan untuk pergi ke toilet karena takut ke toilet sendiri atau mungkin merasa malas dengan rutin melakukan toilet training akan memanfaatkan refleks alami yang dipicu oleh makan. [2].

Jadi, penting untuk membiasakan anak sedari dini untuk mengkonsumsi makanan sehat dengan cukup serat, rutin minum air putih dan berolahraga agar pencernaan mereka lancar. Jangan lupa untuk selalu sedia air minum yang baik di rumah agar pencernaan keluarga kamu tetap terjaga. VIT air mineral dengan harga pas berkualitas dapat menjadi pilihan yang baik bagi keluarga.

 

Source:

https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-dan-obat-sembelit-anak-yang-efektif

https://www.haibunda.com/parenting/20201110120122-60-172556/9-cara-mengatasi-sembelit-pada-anak-secara-alami-bunda-perlu-tahu

https://www.minumvit.co.id/articles/pencernaan-terganggu-waktu-puasa-jangan-sampai-deh-hindari-dengan-air-minum-yang-satu-ini/

https://www.orami.co.id/magazine/cara-mengatasi-buang-air-besar-keras-pada-anak/